LAPORAN
PRAKTIK KERJA LAPANGAN
DI
LKP INDO JAYA
TAHUN
PELAJARAN 2021/2022
DISUSUN OLEH
NAMA : PANDU BHAKTI
PERSADA
NIS :
14477
KOMP.KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK
TAMTAMA KARANGANYAR
JL.KEMAKMURAN NO.39 KARANGANYAR KEBUMEN
TAHUN 2022
SMK
TAMTAMA KARANGANYAR
DISUSUN OLEH:
NAMA : PANDU BHAKTI PERSADA
NIS :
14477
KOMP.KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
SMK TAMTAMA KARANGANYAR
JL.KEMAKMURAN
NO.39 KARANGANYAR KEBUMEN
TAHUN
2022
HALAMAN
PENGESAHAN
LAPORAN
PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DI LKP INDO JAYA
TAHUN
PELAJARAN 2022/2023
OLEH:
NAMA : PANDU BHAKTI
PERSADA
NIS : 14477
KOMP.KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Disetujui dan disahkan:
Pada tanggal :
.............................
Oleh:
Instruktur
Pembimbing DU/DI M.Tenggar Zen
Ali, S.Kom |
Guru
Pembimbing Mardiyanto,
S.Kom |
Direktur LKP
Indojaya Kebumen Yuwono Wisudo
Pramono, S.sos |
Kepala Sekolah Susilo Utomo,
M.Pd |
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis
ucapkan kepada tuhan yang maha esa. Karena dengan rahmat dan karunia-NYA
penulis dapat menyelesaian laporan praktik kerja lapangan yang dilaksanakan di
LKP INDO JAYA KEBUMEN.laporan ini disusun sebagai salah satu persyaratan
mengukuti ujian kompetensi di SMK TAMTAMA KARANGANYAR tahun pelajaran
2021/2022.
Terlaksananya kegiatan
PKL ini tidak terlepas dari bantuan dan dorongan dari semua pihak, baik secara
moril dan materil. Oleh karena itu saya mengucapkan terimakasih yang
sebesar-besarnya kepada:
1.
Bapak susilo Utomo,M.pd selaku kepala
sekolah SMK TAMTAMA KARANGANYAR
2.
Bapak Mardiyanto,S.kom selaku guru
pembimbing di SMK TAMTAMA KARANGANYAR
3.
Bapak Yuwono Wisudo Pramono, S.sos
selaku direktur LKP INDO JAYA KEBUMEN
4.
Kedua orangtua tercinta yang selalu
memberikan dukungan doa, materil selama PKL ini.
5.
Staf dan karyawan SMK TAMTAMA KARANGANYAR
6.
Staf dan karyawan LKP INDO JAYA KEBUMEN
7.
Semua pihak yang telah membantu dan
mendukung dalam penyelesaian laporan ini.
Kebumen,31 Maret 2022
Penulis
Pandu Bhakti p
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL.......................................................................................
i
HALAMAN
PENGESAHAN........................................................................
ii
KATA
PENGANTAR.....................................................................................
iii
DAFTAR
ISI...................................................................................................
iv
DAFTAR
GAMBAR.......................................................................................
v
DAFTAR
LAMPIRAN...................................................................................
vi
BAB
I :PENDAHULUAN.....................................................................
1
A. Latar
belakang PKL.............................................................................
1
B. Tujuan
dan manfaat PKL.....................................................................
1
C. Metode
pelaksanaan PKL....................................................................
2
BAB
II :PROSES DAN HASIL BELAJAR DI
DU/DI......................... 3
A. Lokasi
pelaksanaan PKL......................................................................
4
B. Gambaran
umum DU/DI PKL.............................................................
4
1. Sejarah
singkat DU/DI...................................................................
5
2. Struktur
organisasi..........................................................................
7
3. Bidang
usaha DU/DI......................................................................
8
4. Produk
dan layanan di DU/DI.......................................................
10
C. Pelaksanaan
pkl....................................................................................
11
1. Pelaksanaan
pkl..............................................................................
11
2. Permasalahan
yang dihadapi selama PKL......................................
18
BAB
III :PENUTUP.................................................................................
19
A. Kesimpulan...........................................................................................
19
B. Saran.....................................................................................................
19
DAFTAR
PUSTAKA......................................................................................
20
DAFTAR
GAMBAR
gambar 2. 1 struktur
organisasi lkp indo jaya kebumen
gambar 2. 2 menu awal aplikasi sketchware
gambar 2. 4 menu width linear(V)
gambar 2. 9 menu text pada textview
gambar 2. 10 menu hint pada edittext
gambar 2. 12 menu gravity pada linear(V)
gambar 2. 13 gambaran tampilan aplikasi
gambar 2. 14 menu onClick pada button
gambar 2. 15 tampilan di dalam onClick
gambar 2. 17 to string without decimal
gambar 2. 18 urutan menggabungkan bagian-bagiannya
gambar 2. 19 menyatukan semua bagian-bagiannya
gambar 2. 21 tampilan aplikasi
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
latar
belakang PKL
kegiatan
praktik kerja lapangan ini adalah kegiatan yang sangat penting bagi siswa
SMK.dengan diadakannya kegiatan praktik kerja lapangan ini siswa dapat mengenal
dunia kerja maupun dunia usaha yang sebenarnya dan kelak dapat bekerja secara
maupun berwirausaha. Selain siswa belajar disekolah, siswa juga dapat belajar
di luar seolah-olah dengan kegiatan PKL ini,siswa dapat mempraktikan pelajaran
yang diperoleh di sekolah,di dunia kerja dan dunia usaha secara langsung.
B.
Tujuan
dan manfaat PKL
1. Tujuan
PKL
a) Menghasilkan
tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional yaitu tenaga kerja yang
memiliki tingat pengetahuan,keterampilan,dan etos kerja sesuai dengan tuntutan
lapangan
b) Meningkatkan
efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
c) Meningkatkan
semangat kerja yang tinggi pada diri siswa dengan dunia usaha
2. Manfaat
PKL
a)
Menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki
keahlian profesional, dengan keterampilan, pengetahuan, serta etos kerja yang
sesuai dengan tuntutan zaman.
b)
Mengasah keterampilan yang di berikan Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK).
c)
Menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan-gagasan
seputar dunia usaha serta industri yang professional dan handal.
d)
Membentuk pola pikir siswa -siswi agar terkonstruktif
baik serta memberikan pengalaman dalam dunia Industri maupun dunia kerja.
e) Menjalin
kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan terkait, baik dalam dunia
usaha maupun dunia Industri.
C.
Metode
pelaksanaan PKL
Metode yang digunakan
dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan (PKL) adalah metode partisipatif yaitu
dengan cara mengikuti seluruh kegiatan yang ada di LKP INDO JAYA KEBUMEN
BAB
II
PROSES
DAN HASIL BELAJAR DI DU/DI
A.
Lokasi
pelaksanaan PKL
Tempat praktik kerja
lapangan (PKL) LKP INDO JAYA KEBUMEN berada di dk.Kalibalong RT 08/RW
02,ds.Aditirto,kec. Pejagoan,kab. Kebumen
B.
Gambaran
umum DU/DI PKL
1. Sejarah
singkat DU/DI
LKP
Indo Jaya Kebumen berdiri pada tanggal 21 Mei 2013 adalah lembaga nonformal
yang menyediakan jasa pelatihan dan kursus dalam bidang komputer dan bahasa
asing, yang saat itu beralamat di Jalan Ampera No.1 B Kebumen. Berawal dari
keinginan beberapa pendiri yang ingin menyediakan tempat untuk mengembangkan
potensi masyarakat sehingga di dirikannya Lembaga Pelatihan dan Kursus yang
diberi nama “INDO JAYA”. Beberapa pendirinya antara lain Bapak Yuwono Wisudo
Pramono, S. Sos, Ibu Yuminah, S. Kom, Bapak Sutrisno yang dalam perjalanannya
digantikan oleh Bapak H. Hartono ( Alm
). LKP Indo Jaya Kebumen juga pernah beberapa kali berpindah lokasi, yang
semula beralamat di Jalan Ampera Kebumen, pada tahun 2017 berpindah ke Desa
Sokka Kecamatan Pejagoan. Kurang dari dua tahun beralamat di Desa Sokka
Kecamatan Pejagoan kemudian berpindah lokasi lagi ke Gang Gelatik No. 38
Kelurahan Panjer Kecamatan Kebumen, kemudian berpindah lokasi lagi ke Dk.
Kalibalong Rt 08 / Rw 02 , Ds Aditirto Kec. Pejagoan sampai sekarang
2.
Struktur
organisasi
gambar 2. 1 struktur organisasi lkp indo
jaya kebumen
3. Bidang
usaha
a.
Kursus
komputer
1)
Paket
desain grafis
2) Administrasi perkantoran
3) Teknisi komputer
4)
Paket
pemrograman
5)
Komputer
akutansi
b.
Kursus
bahasa
1)
Bahasa
arab
2)
Bahasa
inggris
3)
Bahasa
jepang
4)
Bahasa
korea
C. Pelaksanaan
PKL
a)
Pelaksanaan
PKL
Kegiatan
praktik kerja lapangan (PKL) yang saya lakukan adalah membuat aplikasi
kalkulator sederhana menggunakan sketchware.
Langkah-langkah
membuat aplikasi kalkulator sederhana:
1.
Buka
aplikasi sketchware
2.
Buat
project dengan menekan icon +
3.
Tambahkan
linear (v)
gambar
2. 3 layout
linar(V)
4.
Klik
linear (v) kemudian klik width-match_parent
gambar
2. 4 menu width
linear(V)
5.
Tambahkan
linear (H)
gambar
2. 5 layout
linear(H)
6.
Tambahkan
textview kedalam linear (H) dan ganti namanya menjadi aplikasi pengurangan
gambar
2. 6 widget
textview
7.
Tambahkan
linear (H)
gambar
2. 7 menu
toolbar
8.
Tambahkan
textview dan edittext linear (H) kedua
gambar
2. 8 widget
edittext
9.
Ganti
nama textview menjadi (bilangan 1)
gambar
2. 9 menu text
pada textview
10. Ganti hint pada edittext menjadi
(masukan bilangan)
gambar
2. 10 menu hint
pada edittext
11. Tamahkan lagi linear (H) dan
lakukan hal yang sama seperti yang
Sebelumnya
12. Tambahkan button
gambar
2. 11 widget
button
13. Pindahkan posisi button dengan
cara klik linear (V) – gravity – center_horizontal
gambar
2. 12 menu
gravity pada linear(V)
14. Tambahkan textview dibawah button
sebagai kolom jawabannya
gambar
2. 13 gambaran
tampilan aplikasi
15. Klik button,buka event,klik
onClick
gambar
2. 14 menu
onClick pada button
16. Tekan icon puzzle,buka menu view
gambar
2. 15 tampilan di
dalam onClick
17. Tambahkan (setText)
gambar
2. 16 settext
18. Buka menu operator,tambahkan
(toString without decimal)
gambar
2. 17 to string
without decimal
19. Tambahkan bagian-bagian seperti
gambar dibawah
gambar
2. 18 urutan
menggabungkan bagian-bagiannya
20. Satukan bagian tersebut dengan
bagian sebelumnya
gambar
2. 19 menyatukan
semua bagian-bagiannya
21. Ubah
textview pada bagian yang berwarna biru seperti urutan berikut
22. Klik tombol run dan aplikasi siap
digunakan
gambar
2. 21 tampilan
aplikasi
b)
Permasalahan
yang dihadapi selama PKL
Permasalahan yang
sering dihadapi adalah terbatasnya jaringan internet (WIFI,jaringan seluler)
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pembelajaran di dunia
kerja adalah suatu strategi yang memberi peluang peserta mengalami proses
belajar melalui bekerja langsung pada pekerjaan. Dengan adanya PKL penulis
dapat merasakan bagaimana pelaksanaan praktek langsung di lingkungan dunia
kerja yang langsung dibimbing oleh pihak industri. Penulis mendapatkan beberapa
pengetahuan dan pengalaman sebagai berikut;
1.
Penulis mendapatkan pengetahuan tentang
bagaimana instalasi jaringan wifi,membuat software menggunakan netbeans dan
sketchware,serta mempelajari desain grafis menggunakan corel draw
2.
Selama melakukan PKL di LKP INDO JAYA
KEBUMEN penulis menemui beberapa masalah yaitu terbatasnya jaringan internet
B.
Saran
1. Hendaknya
guru pembimbing harus lebih sering menonitoring para siswanya dilingkungan PKL
secara langsung sehingga siswa dapat berkonsultasi mengenai informasi-informasi
terbaru dari sekolah
2. Untuk
pembimbing harus memperhatikan siswa – siswi yang Praktik Kerja Lapangan
3. Untuk
pembimbing harus membimbing siswa – siswi PKL untuk melaksanakan tata tertib
dengan baik
4. Rajinlah
belajar
5. Bila
sedang PKL jangan sambil bercanda dan patuhi tata tertib yang berlaku
6. Bertindaklah
dewasa dalam hal pola pikir agar pelaksanaan PKL dapat berjalan dengan baik dan
lancar
DAFTAR PUSTAKA
https://www.smknasional.sch.id/2021/01/03/mengapa-siswa-smk-perlu-magang-pkl/
https://youtu.be/ky4ZYv_9xF4
https://eprints.undip.ac.id
SINDI
KUSUMA NEGARA 2021,LAPORAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN hal 1
LAMPIRAN
FOTO
KEGIATAN SELAMA PKL
No comments:
Post a Comment