Friday 18 January 2019

Makalah Tentang Laptop



     Kami memanjatkan puji dan syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala., yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “LAPTOP”.
    Kami menyadari bahwa  makalah ini masih memiliki kekurangan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk memperbaiki makalah ini.
Kami berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi pembaca
                                                                                                                       KEBUMEN, 3 NOVEMBER  2018
                                                                                                   penulis         


BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
   Ide pembuatan komputer portable ini sebenarnya sudah digagas pada tahun 1970-an. Gagasan tersebut pertama kali dicetuskan oleh Alan Kay. Beliau adalah seorang ilmuwan komputer dari Amerika dan lahir pada 17 Mei 1940. Alan Kay sudah mengagas komputer portable ini sebelum orang lain membayangkannya. Dan ide dari Alan ini disambut oleh Adam Osborne. Beliau adalah publisher software dan bekerja di sebuah penerbitan buku di Amerika, lahir paa 6 Maret 1939 di Bangkok dan meninggal pada 18 Maret 2003 di Kodaikanal, India.
   Proyek komputer portable pertama ini diberi nama "Osborne 1". Dirilis pada bulan April 1981 oleh Osborne Computer Corporation. Memiliki berat 23,5 pon atau sekitar 10,7 kg dan berharga $1795 atau sekitar 16 jutaan rupiah. Alat ini mungkin terlihat aneh ya, berukuran super besar dan dilengkapi layar monitor 5 in. Menggunakan sambungan listrik dengan baterai cadangan dan 2 floppy drive ukuran 5 ¼ in, modem port, dan keyboard. Kemudian penemuan itu terus dikembangkan hingga sekarang dan mungkin saat ini Anda sedang menggunakannya.
  Untuk kata laptop sendiri, saya belum dapat info yang pasti. Namun, pendapat sebagian orang kata laptop berarti "dipangku atas", jadi definisinya adalah komputer pribadi yang agak kecil, yang dapat dibawa-bawa dan dapat ditempatkan di pangkuan pengguna, terdiri atas satu perangkat yang mencakupi papan tombol, layar tampilan, mikroprosesor, biasanya dilengkapi dengan baterai yang dapat diisi ulang.



B.Rumusan Masalah
1.1  Sejarah Laptop
1.2  Pengertian Laptop?
1.3  Bagaimana Cara mengetahui spesifikasi Laptop?
1.4  Bagaimana spesifiksi Laptop yang kita miliki saat ini?
1.5  Sebutkan Kekurangan dan kelebihan ASUS ROG GX700VO?
1.6  bagaimana pengorasian perangkat tersebut!
C. Tujuan Penulis
supaya masyarakat mengerti akan manfaat mengetahui spesifikasi setiap gadget yangdimilik supaya dapat memperkirakan seberapa besar kemampuan yang dapat dihasilkan gadget yang ada dan meminimalisir kerusakan yang ditimbulkannya.












BAB II
PEMBAHASAN
2.1  Sejarah Laptop


osborne 1
 











Osborne I via wikipedia.com
  Osborne 1 merupakan microcomputer yang memulai sejarah laptop. Perangkat ini merupakan laptop pertama kali diproduksi secara massal. Saat peluncurannya, harga laptop ini mencapai USD 1,795 atau sekitar 16 juta rupiah. Pada saat itu, harga tersebut cukup mahal. Sehingga tidak semua orang bisa memilikinya.
Walaupun begitu, Osborne 1 termasuk salah 1 laptop yang paling revolusioner di zaman tersebut, khususnya karena ukurannya yang portabel dan dapat dipindahkan dengan mudah. Laptop ini dilengkapi dengan 2 slot floppy disk, layar sebesar 5  inci, dan juga keyboard yang menempel langsung ke monitor.
Akan tetapi, Osborne 1 belum dilengkapi dengan baterai yang tertanam di dalamnya, sehingga kita masih membutuhkan aliran listrik untuk menyalakannya. Kendati demikian, perangkat yang memulai sejarah laptop ini memilik baterai cadangan yang dapat bertahan beberapa menit saja.
kayproo II 











Kayproo II via classiccmp.org
Untuk masalah sistem operasi, Osborne 1 menggunakan CP/M 2.2, yang merupakan salah satu sistem operasi (OS) yang cukup mumpuni di zamannya. Sayangnya, selain bentuknya yang portabel, laptop ini tidak memiliki kelebihan lain dibanding kompetitornya. Dengan memori yang cenderung kecil, Osborne 1 bukanlah microcomputer tercepat di zamannya. Meskipun begitu, laptop ini ternyata sangat laris di pasaran. Sehingga, sejarah laptop yang satu ini tidak bertahan begitu lama.
Dalam 8 bulan sejak peluncurannya di bulan April 1981, Osborne 1 telah laku sebanyak 11.000 unit. Bahkan, di era keemasannya Osborne 1 dapat terjual hingga 10.000 unit per bulan. Angka yang sangat fantastis! Bisa dibilang, perusahaan yang memulai sejarah laptop ini berhasil merevolusi industri komputer selamanya
Sayangnya, Osborne Computer Corporation tidak dapat memenangkan hati konsumen dalam waktu yang lama. Di tahun 1983, Osborne 1 miliknya disaingin oleh Kaypro II, sebuah laptop yang lebih praktis dengan layar 9 inci. Di tahun 1983, IBM juga mengeluarkan produk serupa, yaitu Compaq Portable.Dikarenakan kompetisi yang semakin berat, akhirnya popularitas Osborne 1 pun menurun dan ditelan perkembangan zaman. Sejarah laptop yang satu ini harus terhenti.
2.2  Laptop
    Komputer  Jinjing Adalah Komputer yang bergerak(Mobile)Yang berukuran  Ukuran,bahanya,Spesifikasi,dan Ukuran Baterainya.Sebagai komputer peribadi,laptop memiliki fungsi yang sama dengankomputer destop(destop computers) pada umumnya.Komponen yang terdapat didalamnya sama persis dengan komponen pada destop,hanya ukuran diperkecil,dijadikan lebih ringan,lebih tidak panas,dan lebih hemat daya .Laptop kebanyakan Menggunakan layar LCD(Liquid Crystal Display) Berukuran 10 inci hingga 17 inci.Selain itu keyboard yang terdapat pada laptop juga kadang-kadang dilengkapi dengan papan sentuh yang berfungsi Sebagai “Pengganti”Mouse.Keyboard dan mouse tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia.Berbeda dengan      komputer Desktop,Laptop memiliki komponen pendukung yang desain secara khusus untukmengakomodasi sifat laptop yang portable.Sifat Utama yang dimiliki oleh komponen Penyusunan Laptop adalah ukuran yang kecil,hemat konsumsi energi,dan efesien .Laptop Biasanya harganya mahal,Bergantung Merk dan sepesifikasi komponen penyusunanya.Walaupun Demikian Harga Laptop Semakin Tingginya Permintaan Konsumenya

2.3  Spesifikasi  Laptop
Laptop yang dimiliki penulis adalah bermerk ASUS ROG GX700VO dan kita akan belajar tentang
Spesifikasi  yang laptop yang dimilki penulis :
       Tipe
  • Tipe Laptop: Notebook, Laptop gaming
Spesifikasi Dasar
  • CPU: Core i7
  • Model Prosesor: i7-6820HK
  • Chipset: Integrated Intel CPU
  • Model GPU: NVIDIA GeForce GTX 980 dengan 8GB GDDR5 VRAM
Memori & Penyimpanan
  • RAM: 64GB
  • Tipe Memori: DDR4 SDRAM
  • Kecepatan Memori: 2133MHz
  • Memori Tambahan: Up to 64GB
Layar
  • Ukuran Layar: 17.3 inches
  • Resolusi: Full HD (1920x1200)
  • Tipe Panel: Anti Glare
Network
  • Ethernet: RJ45 LAN Jack for LAN insert
  • WiFi: Terintegrasi 802.11 ac
Konektifitas
  • Konektifitas: HDMI, USB3.0, Bluetooth, Card Reader, Thunderbolt, Camera, Speakers, Microphone, USB Type-C, USB3.1
Software
  • OS: Windows 10
  • OS Ver: Windows 10 Home
Baterai
  • Baterai: 6Cells 93 Whrs
Ukuran
  • Dimensi: 429 x 309 x 33 ~35 mm (WxDxH) , Dock: (Thermal Dock) , 417 x 368 x 114 mm (WxDxH)
  • Berat: 3.6 kg with Battery Dock: (Thermal Dock) 4.8 kg








2.4  Kelebihan Laptop Asus ROG

1.      Menggunakan hardware generasi terbaru yang terbaik dikelasnya. Sehingga performa yang dihasilkan sangat baik dan kencang.
2.      Keseluruhan bodi ROG menggunakan bahan metal sehingga akan lebih kuat dan terlihat keren.
3.      Anti panas karena dilengkapi pendingin yang mampu bekerja dengan sangat halus bahkan tidak mengeluarkan suara. Sistem pada kipas pendingin telah dirancang dengan sangat baik agar mampu menghilangkan panas pada laptop secara efisien.
4.      Kalau sedang digunakan untuk bermain game tidak akan  menghasilkan suara bising alias gak berisik.
5.      Harga yang masih bersaing dengan laptop gaming lainnya.
6.      Desain yang unik dan terlihat sangar. Bahkan bentuk ROG ada yang terinspirasi dari iron man dan pesawat tempur.
7.      Garansi 2 tahun.

Kekurangan Laptop Asus ROG

1.      Harga yang mahal untuk kalangan menengah ke bawah. ROG memang dirancang untuk kalangan menengah ke atas, karena itulah dijual dengan harga yang mahal. Tetapi percayalah, ada harga ada kualitas.
2.      Susah mencari tas yang pas buat ROG karena ada tambahan buat 2 kipas di belakang.







BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan

     Pengetahuan tentang spesifikasi Laptop sudah kita miliki sehingga kita bisa memperkirakan seberapa besar kemampuan yang dapat dikerjakan oleh laptop kita dan seberapa lama laptop kita dapat bekerja. dalam hal ini penulis menjelaskan spesifikasi tentang laptop yang dimilikinya yang bermerk ASUS ROG GX700VO . spesifikasi laptop yang dimiliki  penulis memilki kemampuan dalam hal multimedia dan gamers. Sehingga Laptop akan bekerja !ebih optimal dalam hal multimedia dan dengan harga juga yang tidak terlalu mahal.
B.     Saran
Menyadari bahwa penulis masih jauh dari kata sempurna, kedepannya penulis akan lebih fokus dan details dalam menjelaskan tentang makalah di atas dengan sumber – sumber yang lebih banyak yang tentunga dapat di pertanggung jawabkan.
Untuk saran bisa berisi kritik atau saran terhadap penulisan juga bisa untuk menanggapi terhadap kesimpulan dari bahasan makalah yang telah di jelaskan. Untuk bagian terakhir dari makalah adalah daftar pustaka. Pada kesempatan lain akan saya jelaskan tentang daftar pustaka makalah.






DAFTAR PUSTAKA

Sistem Operasi/Dony Ariyus &Abas Ali Pangeran;Ed,II.-Yogyakarta:ANDI.








No comments:

Post a Comment

PROSEDUR KESELAMATAN KERJA DALAM MERAKIT PC

  PROSEDUR KESELAMATAN KERJA DALAM MERAKIT PC Hal-hal yang perlu di perhatikan adalah sebagai berikut:    1. Pastikan tangan dalam kondi...