SOAL MULTIMEDIA
1. |
Berikut ini merupakan contoh alat perekam kecuali |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Tape Recorder |
b. Handicamp |
c. Handphone |
d. Camera Digital |
e. MP3 |
|||||||||||||||||||
2. |
Yang berfungsi sebagai alat perekam video kecuali ? |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Camera Video |
b. Mini DV |
c. Handicamp |
d. Handphone |
e. Camcorder |
|||||||||||||||||||
3. |
Berikut ini yang termasuk peralatan-peralatan saat produksi, kecuali ? |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Tripod |
b. Cliper |
c. Lighting |
d. Microphone |
e. iPhod |
|||||||||||||||||||
4. |
Yang termasuk kedalam ciri kamera Home use atau kamera amatir adalah ? |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Mempunyai Lensa panjang b. Mempunyai gelang fokus c. Bentuknya besar |
d. tidak mempunyai gelang Iris dan Fokus e. mempunyai gelang iris dan fokus |
||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||
5. |
Berikut ini merupakan salahsatu ciri dari jenis kamera professional
adalah ? |
|||||||||||||||||||||||
|
a. mempunyai gelang iris dan fokus b. mempunyai jenis kaset yang beragam c. mempunyai bentuk yang sempurna |
d. sangat mudah digunakan e. bentuknya kecil |
||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||
6. |
Bagian kamera yang berfungsi sebagai alat penglihat adalah ? |
|||||||||||||||||||||||
|
a. iris |
b. fokus |
c. viewfinder |
d. riwender |
e. zooming |
|||||||||||||||||||
7. |
Kamera MD 10000 merupakan contoh jenis kamera ? |
|||||||||||||||||||||||
|
a. home use |
b. semi profesional |
c. profesional |
d. super profesional |
e. analog |
|||||||||||||||||||
8. |
Alat yang berfungsi sebagai penyangga kamera supaya kamera tetap berdiri
tegak adalah ? |
|||||||||||||||||||||||
|
a. cliper |
b. swicer |
c. iPhod |
d. charger |
e. tripod |
|||||||||||||||||||
9. |
Alat yang berfungsi sebagai pengisi battrey kamera adalah ? |
|||||||||||||||||||||||
|
a. cliper |
b. swicer |
c. iPhod |
d. charger |
e. tripod |
|||||||||||||||||||
10. |
Berikut ini merupakan jenis-jenis kaset kamera video, kecuali ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. mini DV |
b. VHS |
c. S-VHS |
d. Betacamp |
e. S-Video |
|||||||||||||||||||
11. |
Kamera Video Panasonic MD 10000 menggunakan jenis kaset ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. mini DV |
b. VHS |
c. S-VHS |
d. Betacamp |
e. S-Video |
|||||||||||||||||||
12. |
Bagian kamera video yang berfungsi untuk menerima gambar dan cahaya
adalah ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. viewfinder |
b. LCD |
c. handle kamera |
d. Lensa |
e. power on/off |
|||||||||||||||||||
13. |
Kaset video kamera dapat kita temukan di bagian ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. kepala kamera |
b. Body camera |
c. Tombol menu |
d. depan kamera |
e. belakang kamera |
|||||||||||||||||||
14. |
Perhatikan gambar di bawah ini
5 4 3 1 2 |
|||||||||||||||||||||||
|
a. 1 |
b. 2 |
c. 3 |
d. 4 |
e. 5 |
|||||||||||||||||||
15. |
Pada gambar no. 14, view finder ditunjukan oleh nomor ? |
|||||||||||||||||||||||
|
a. 1 |
b. 2 |
c. 3 |
d. 4 |
e. 5 |
|||||||||||||||||||
16. |
Yang berfungsi sebagai penerima suara ditunjukan oleh nomor ? |
|||||||||||||||||||||||
|
a. 1 |
b. 2 |
c. 3 |
d. 4 |
e. 5 |
|||||||||||||||||||
17. |
nama gambar di samping adalah : a. Tripod b. Monopod c. Dolly d. Pedestal e. Crane |
|||||||||||||||||||||||
18. |
Pada gambar no. 14 merupakan gambar kamera video jenis ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Profesional |
b. semi profesional |
c. home use |
d. amatiran |
e. camcorder |
|||||||||||||||||||
19. |
Berikut ini merupakan gerakan kamera kecuali ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Pan |
b. Tilt |
c. Crab |
d. Spons |
e. Crane |
|||||||||||||||||||
20. |
Gerakan berputar mengelilingi objek dikenal dengan gerakan ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Crane |
b. Arc |
c. Tilt |
d. Zoom |
e. Crab |
|||||||||||||||||||
21. |
Gerakan memperbesar gambar/objek pada kamera dikenal dengan nama ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Crane |
b. Arc |
c. Track |
d. Zoom |
e. Crab |
|||||||||||||||||||
22. |
Merupakan pergerakan kamera akibat perubahan posisi kamera secara
horisontal. Pergerakan dapat kearah manapun sejauh masih menyentuh permukaan
tanah. |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Crane |
b. Arc |
c. Track |
d. Zoom |
e. Crab |
|||||||||||||||||||
23. |
Pergerakan kamera akibat perubahan posisi kamera secara vertikal,
horisontal, atau kemana saja selama masih di atas permukaan tanah (melayang).
Merupakan definisi dari gerakan ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Crane |
b. Arc |
c. Track |
d. Zoom |
e. Crab |
|||||||||||||||||||
24. |
Gerakan menyamping seperti kepiting merupakan jenis gerakan |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Crane |
b. Arc |
c. Tilt |
d. Zoom |
e. Crab |
|||||||||||||||||||
25. |
Salahsatu cara untuk merawat battery agar bertahan lebih lama saat
produksi dapat dilakukan dengan ? |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Tidak menggunakan tripod sewaktu shoting b. Selalu menggunakan tripod sewaktu shoting c. membidik gerakan objek dengan viewfinder |
d. Membidik gerakan objek dengan LCD e. tidak memasangkan battery saat
produksi |
||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||
26. |
Fungsi gelang fokus adalah |
|||||||||||||||||||||||
|
a.
Menempatkan gambar sesuai dengan tempatnya b.
Membesarkan objek c.
Memperjelas dan mempertajam objek |
d.
Menggerakkan kamera kekanan atau kekiri e.
Mengatur cahaya yang masuk kedalam kamera |
||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||
27. |
Fungsi dari gelang iris diantaranya ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a.
Menempatkan gambar sesuai dengan tempatnya b.
Membesarkan objek c.
Memperjelas dan mempertajam objek |
d.
Menggerakkan kamera kekanan atau kekiri e.
Mengatur cahaya yang masuk kedalam kamera |
||||||||||||||||||||||
|
||||||||||||||||||||||||
28. |
Berikut ini merupakan format video kecuali ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. MOV |
b. mpeg |
c. asf |
d. wmv |
e. wma |
|||||||||||||||||||
29. |
Ragam format video yang digunakan di negara Indonesia adalah... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. PAL |
b. NTSC |
c. SECAM |
d. Betacam |
e. AVI |
|||||||||||||||||||
30. |
Hunting lokasi termasuk kedalam tahap ... dalam produksi film |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Editing |
b. Produksi |
c. Pra Produksi |
d. Pasca Produksi |
e. Shoting |
|||||||||||||||||||
31. |
Mempersiapkan naskah merupakan |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Editing |
b. Produksi |
c. Pra Produksi |
d. Pasca Produksi |
e. Shoting |
|||||||||||||||||||
32. |
Berikut ini merupakan jenis-jenis film |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Horor, Drama, Action |
d. comedy, action, drama |
||||||||||||||||||||||
|
b. Eksperimen, fiksi, drama c. fiksi, documenter, eksperimen |
e. sinetron, telenopela, documenter |
||||||||||||||||||||||
33. |
Dramatisasi salahsatunya bisa digunakan dengan teknik ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Pengaturan Cahaya |
b. pengaturan Komposisi |
c. focusing |
d. Slowmotion |
e. Tilting |
|||||||||||||||||||
34. |
Merubah suasana (mod), tempat dalam film dapat dilakukan dengan cara ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Pengaturan Cahaya |
b. pengaturan Komposisi |
c. focusing |
d. Slowmotion |
e. Tilting |
|||||||||||||||||||
35. |
Fungsi dari white balanced adalah .. |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Merubah komposisi gambar b. Menyerasikan suhu cahaya yang sesuai dengan tempatnya. c. memberikan efek kedalaman d. memberi kejelasan dan ketajaman pada objek yang bergerak e. Merubah suasana (mod) |
|||||||||||||||||||||||
36. |
Seorang yang bertanggung jawab terhadap keberhasilan penataan cahaya
distudio, baik secara artistik maupun yang mampu menyentuh perasaan yang sesuai
dengan tuntunan naskahnya, merupakan tugas dari ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Lighting director |
b. Penata Suara |
c. Switcher |
d. Cameramen |
e. Produser |
|||||||||||||||||||
37. |
Orang yang mengatur perimbangan suara yang datang dari beragai sumber ,
melakukan perekayasaan dalam penempatan microphone, merupakan tugas dari |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Lighting director |
b. Penata Suara |
c. Switcher |
d. Cameramen |
e. Produser |
|||||||||||||||||||
38. |
Orang yang bertanggung jawab
terhadap pergantian gambar baik atas permintaan pengarah acara atau sesuai
dengan shooting script, merupakan tugas dari seorang ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Lighting director |
b. Penata Suara |
c. Switcher |
d. Cameramen |
e. Produser |
|||||||||||||||||||
39. |
Orang yang bertugas tidak hanya mengoperasikan camera saja tetapi
dituntut adanya rasa seni yang tinggi, agar dapat menyajikan gambar-gambar
yang baik sesuai permintaan pengarah acara dan permintaan naskah, merupakan
tugas dari seorang ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Lighting director |
b. Penata Suara |
c. Switcher |
d. Cameramen |
e. Produser |
|||||||||||||||||||
40. |
Struktur terkecil dalam film adalah ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Sequence |
b. Shot |
c. Babak |
d. scene |
e. action |
|||||||||||||||||||
41. |
Satu segmen pendek dari keseluruhan cerita yang memperlihatkan satu aksi
kesinambungan yang diikat oleh ruang, waktu, isi (cerita), tema, karakter,
atau motif. Merupakan definisi dari ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Sequence |
b. Shot |
c. Babak |
d. scene |
e. action |
|||||||||||||||||||
42. |
Bila kamera melihat objek dalam frame yang berada di bawahnya merupakan
level angle jenis.... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Close Up |
b. Low Angle |
c. Behind shot |
d. Straight Angle |
e. Hight angle |
|||||||||||||||||||
43. |
Bila kamera melihat objek dalam frame yang berada di atasnya merupakan
level angle jenis ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Close Up |
b. Low Angle |
c. Behind shot |
d. Straight Angle |
e. Hight angle |
|||||||||||||||||||
44. |
Penggunaan level angle akan berpengaruh kepada nilai estetika yang akan
dihasilkan oleh sebuah video, bila anda melakukan shot kepada orang yang
berwibawa (contoh POLISI) hendaknya menggunakan level angle jenis ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Close Up |
b. Low Angle |
c. Behind shot |
d. Straight Angle |
e. Hight angle |
|||||||||||||||||||
45. |
Gambar
di samping merupakan komposisi jenis ... a. CU b. MCU c. MS d. MLS e. LS |
|||||||||||||||||||||||
46. |
Gambar
disamping merupakan komposisi jenis ... a. LS b. MCU c. CU d. BCU e. XCU |
|||||||||||||||||||||||
47. |
Bila pembuat film ingin membawa pentonton seolah-olah terlibat dalam
suatu adegan tertentu hendaknya menggunakan penempatan c kamera angle jenis ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. kamera Objektif b. Kamera Subjektif |
c. kamera Point of view d. kamera Long Shot |
e. kamera Medium Close Up |
|||||||||||||||||||||
48. |
Bila pembuat film tidak ingin keterlibatan penonton kedalam suatu adegan
tertentu dan adegan tersebut hanya bersifat informasi saja hendaknya
menggunakan penempatan kamera angle jenis.. |
|||||||||||||||||||||||
|
a. kamera Objektif b. Kamera Subjektif |
c. kamera Point of view d. kamera Long Shot |
e. kamera Medium Close Up |
|||||||||||||||||||||
49. |
Dalam editing ada jenis transisi dissolve yaitu ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Perpindahan langsung secara tegas dari satu shot ke shot
berikutnya. |
|||||||||||||||||||||||
|
b. Suatu shot disapu oleh shot yang lain, sehingga shot yang pertama nampak
terdorong keluar bingkai layar |
|||||||||||||||||||||||
|
c. Perpindahan shot secara
berangsur-angsur; akhir dari suatu shot
sedikit demi sedikit bercampur dengan shot berikutnya. |
|||||||||||||||||||||||
|
d. Perubahan gambar dari gelap dan perlahan-lahan menjadi gerakan shot berikutnya, atau sebaliknya dari gambar dan
perlahan kepada gambar gelap. |
|||||||||||||||||||||||
|
e. Perpindahan shot secara tidak sengaja |
|||||||||||||||||||||||
50. |
Proses memindahkan data video dari kamera video ke komputer dengan
bantuan firewere dinamakan dengan nama ... |
|||||||||||||||||||||||
|
a. Copy |
b. Render |
c. Capture |
d. Paste |
e. Compres |
|||||||||||||||||||
|
|
|||||||||||||||||||||||
No comments:
Post a Comment